Jumat, 22 Juni 2012

LAGU ANAK-ANAK SEKARANG....

Dengan tulisan ini bukan saya bermaksud untuk menggurui..tapi hanya sekedar menyampaikan uneg2 ( uneg2 itu bukanya makanan yg terbuat dari ketan n biasanya isinya kacang ijo'.....haaah...itu sih onde2..jauh amat...he..hee.:P ).Kenapa ya zaman sekarang anak-anak banyak di suguhkan dgn acara2 yg tidak sesuai dengan usia mereka.

Beda banget dengan zaman saya kecil ( emang kamu pernah kecil..he..he...:P )  dulu. Bahkan lagu yang bertema kan anak-anak saat ini hampir tak ada.Ga tahu kenapa saat  ini jarang sekali pencipta lagu yang mau memproduksi lagu anak, hampir bisa dipastikan di semua stasiun televisi sangat minim yang mengangkat lagu anak sebagai bagian dari acara-acara produksi mereka.Yang ada mungkin acara sinetron yang menampilkan anak sebagai tokoh tapi peran yang dimainkan tidak sesuai dengan umur mereka, yang lebih cendrung yang tidak mendidik. 

Tentu kita masih  ingatkan lagu ciptaan Papa T. Bob, Pak Kasur, AT Mahmud, , Ibu Sud,  yang mungkin sebagian dari kita masih hapal. Jika dilihat dari segi lirik lagunya banyak yang memberikan pelajaran bagi anak-anak. Kemudian muncul sosok kaya Joshua, Agnes Monica, Eno Lerian, Trio Kwek-Kwek, yang sering menghiasi pertelvisian  Indonesia pada waktu itu. Tapi semua lagu yang mereka bawakan, saat ini tidak terlalu populer dikalangan anak masa kini.

Lagu anak seperti : Ambilkan bulan bu, Amelia, Aku anak gembala, Anak kuat, Balonku, Bintang kejora, Bulan sabit, Burung kutilang, Cemara, Desaku, Cangkul, Kunang kunang, Kupu kupu, menanam Jagung, Naik delman, Paman datang, Tik tik bunyi hujan, Topi saya bundar,dan banyak lagi lagu lainnya yang hampir sebagian besar dari liriknya bercerita tentang Alam, Hewan, Tanaman, Bunga, dan lingkungan yang ada disekeliling kita.

Apalagi di tambah dengan kemajuan teknologi membuat anak-anak sekerang lebih mengenal lagu dari luar negeri seperti, Bruno Mars, Jason Mraz, Justin Beober, Lady Gaga, Katy Perry. Hampir dapat dipastikan mereka mengenal dan hapal lagu yang menjadi hits dari penyanyi tersebut. Hal tersebut membuat prihatin dari semua kalangan bahwa anak-anak jaman sekarang lebih mengenal artis dari luar ketimbang dari dala negeri, ditambah lagu-lagu nya bukan untuk anak-anak melainkan lebih kepada lagu untuk remaja dan orang dewasa.

Sudah saat nya para pencipta lagu itu memikirkan nasib anak-anak indonesia yang sekaramg ini sangatlah kekurangan. Sehingga lagu anak yang mendidik semakin kaya dan berkembang di negara INDONESIA tercinta ini.

sumber:http://musicbandung.tumblr.com/post/18115375091/lagu-anak-yang-semakin-hilang ( dengan perubahan seperlunya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar