Kamis, 12 Juli 2012

CARA MENGURUS IJAZAH YANG HILANG

Selama tiga tahun gw sekolah di SMA sia-sia ketika baru sadar gw kehilangan Ijasah SMA gw.....pusing dah gw ubek2 seluruh isi  lemari ternyata gak ketemu,gw telusuri jalan2 yg gw lewatin juga g ketemu. Padahal itu ijasah penting buat nerusin kuliah atau coba2 buat daftar PNS. Tapi temen gw kasih saran, klo ijasah gw dah bener2 hilang n ga ketemu mendingan  buat duplikatnya aja. Bagi temen2 yg mengalami kejadian yang sama dengan gw. Ini gw kasih tatacara pengurusan ijazah yg hilang sesuai pengalaman pribadi :

1.Minta surat permohonan dari kepala sekolah kamu ( sesuai dengan ijasah yg hilang )
2.Minta surat kehilangan dari kepolisian ( klo ijasah sobat hilang karena terbakar, banjir jangan di ceritakan secara detail. Bilang aja hilang di rumah dicari2 g ketemu)
3.FC STTB
4.FC Induk Sekolah ( Minta ke Sekolah sobat )
5.Surat pernyataan dari siswa yg menyatakan bahwa ijasahnya telah hilang
6.foto 4 x 6 dan 3 x 4 hitam putih 3 lembar (lebih malah bagus, bawa yg bewarna sekalian buat jaga2 )
klo berkas2 diatas sudah lengkap semua. Maka ada proses untuk kepengurusannya:


1.Sobat ke Sekolah (sesuai ijasah yg hilang) asal buat memenuhi berkas2 di atas
2.lalu bawa berkas2 tersebut ke Disdik Tingkat Kecamatan
3.and then ke Dinas Pendidikan tingkat Kabupaten (utk ambil formulir, ato berkas2 yg di butuhkan)
4.trus ke sekolah asal untuk mengisi Blanko Ijazah & minta tanda tangan kepala sekolah
5.Minta tanda tangan ke Disdik Tingkat Kecamatan
6.Minta tanda tangan ke Disdik Tingkat Kabupaten/Kota

tinggal tunggu aja. Klo semua proses diatas diselesaikan maka ijasah akan keluar sekitar 1 mingguan. itu tergantung proses pengurusannya. Biasanya yg membuat lama adalah pada saat kita minta tanda tangan.Tapi saya agak sedikit kecewa pada saat ijazah pengganti keluar. Ternyata tidak seperti ijasah asli yg dulu. Disini sobat tidak akan melihat nilai2 yg biasa nya tercantum di ijazah asli, tapi hanya seperti surat keterangan pengganti ijasah yg asl...hiks...hiks...Klo biaya yg di keluarkan, berdasarkan pengalaman saya -+ habis 100 ribuan, belum termasuk biaya bensin dan uang makan sobat...he..he...

Satu lagi diatas hanya berlaku bagi sekolah sobat yg masih ada dalam artian sekolah sobat tidak berganti nama atau sudah bubar (alias sudah tidak ada lagi ). Untuk lebih jelas lagi silahkan sobat hub. ke Disdik di daerah sobat.

SARAN, KRITIK DAN PERTANYAAN :
MONGGOOOO....





















24 komentar:

  1. Terima kasih untuk info pentingnya, tapi kalau tidak ada FC STTB (sebab ikut hilang juga) apakah masih bisa diurus??
    Mohon info nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa..soalnya pihak sekolah pasti punya arsipnya

      Hapus
    2. bisa juga dengan tanda bukti yg laen seperti lapor dll sebagainya...

      Hapus
  2. Ribet amat yak.. :(
    ane jg kehilangan ijazah SMA,
    gara2 itu jd patah semangat buat nyoba PNS.
    but thanks info nya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya..gitu lah sob..mo gimana lagi..klo g di urus kita juga pasti butuh banget

      Hapus
  3. mas surat permohonan yg dari kepala sekolah kyk gimana yah? itu suratnya buat diajuin ke kepolisian untuk buat surat kehilangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kayak surat pengantar biasa dari pihak sekolah..itu buat tanda bukti bahwa sob pernah sekolah disitu

      Hapus
  4. Balasan
    1. bisa...kok,coz gw juga daftar kuliah pake yg itu

      Hapus
  5. wahhh trimakasih banget Anda udah mau nyempetin berbagi pengalaman mengurus ijazah hilang di internet... saya sangat terbantu sekali karena tidak tau bagaimana cara urus ijazah ku yg hilang. Trimakasih banyak ya...

    BalasHapus
  6. Thanks Mas Broo atas infonya

    BalasHapus
  7. Lebih bagus dan cepat lagi jika Raport masih ada karena akan lebih mudah mengurusnya.

    BalasHapus
  8. Misalnya Kepala Sekolah nya udah ganti gmna ka ?
    Pencerah ka!!! Ijazah ku ilang, mna mau di suruh ngumpulin lgi

    BalasHapus
  9. mas bro tanya waktu ijasahnya mas bro hilang itu abis lulus atau sudah beberapa tahun hbs lulus

    BalasHapus
  10. foto yang dimaksud itu foto terbaru atau foto sesuai umur ketika ijazah hilang.kalo hilang ijazah SD gimana?
    makasih...

    BalasHapus
  11. thanks infonya
    soalnya ijasah gue dicuri orang

    BalasHapus
  12. ada contoh format keterangan dari sekolah nya gak?

    BalasHapus
  13. Ijasahku hlang jga bro,,bru2 ini dy hlang.ak psing skali ni bro,percuma ak skolah tiga thun sma,,tolong bantu sya bro

    BalasHapus
  14. gimana klo sekolahnya sudah tutup karena sekolah saya dulu swasta, gimana cara ngurus ijazah saya yang hilang

    BalasHapus
  15. Wah bagus bgt info nye, tapi ane kash saran yg simple tapi memakan bnyk duit, mending ikutan sekolah paket C aja gan
    Kan kga pusin
    Paket A setara SD
    Paket B setara SMP
    paket C setara SMA

    BalasHapus